Fakta yang Membuat Kayu Mengangis Karena Kertas

Senin, 14 Mei 2012

Tulisan ini saya ambil dari sebuah thread di kaskus
melanjutkan dari tulisan sebelumnya : "Save Paper Save Tree"
Sumber asli bisa dilihat disini

Pernahkah anda menghitung berapa banyak kertas yang anda gunakan dalam sehari. Jika dalam sehari anda menggunakan 20 lembar kertas, maka dalam sebulan anda menghabiskan 600 lembar kertas. Dalam setahun, anda menghabiskan 7200 lembar kertas. Kertas biasa kita pakai dalam aktivitas sehari-hari, dari untuk menulis, membungkus kado, pembungkus makanan, dan lain-lain.

Dapatkah anda membayangkan bagaimana jadinya bila tidak ada kertas. Kertas biasa kita jumpai dan karena relatif mudah untuk mendapatkannya maka tidak heran jika pemakaian kertas cenderung sesuka hati penggunanya. Tingkat kebutuhan kertas pun kemudian makin meningkat dari hari ke hari. Jika dahulu adanya komputer dan e-mail diyakini dapat mengurangi pemakaian kertas. Namun nyatanya tidak demikian, kebutuhan akan kertas tetaplah tinggi.

Tingginya kebutuhan akan kertas berimbas pada ketersediaan kayu, dimana kayu diolah menjadi bubur kertas (pulp) dan kemudian diolah lagi menjadi kertas. Menurut Prof. Dr. Sudjarwadi (UGM), 1 rim kertas setara dengan 1 pohon berumur 5 tahun. Untuk setiap ton, pulp membutuhkan 4,6 meter kubik kayu, dan 1 ton pulp menghasilkan 1,2 ton kertas. 1 hektar hutan tanamanan industri (acacia) dapat menghasilkan kurang lebih 160 meter kubik kayu. Jika pertahun diproduksi 3 juta ton pulp, maka membutuhkan 86.250 hektar hutan.


Bagaimana hutan kita tidak menangis kalau puluhan ribu hektar hutan harus menjadi kertas. Apa ketas akan bisa membuat oksigen, menahan banjir, memberi keindahan alam?
Dan pada akhirnya yang menangis tidak hanya hutan, tetapi kita dan anak cucu kita juga.

Lets save earth, save forest,

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.

Go GREEN